Sistem Kerja Gojek Dan Gajinya Perbulan, Sudah Tahu ?

Posted on

Mencari tahu bagaimana sistem kerja gojek bekerja serta berapa gajinya dalam kurun waktu sebulan adalah hal yang harus dilakukan oleh calon mitra pengemudi. Perlu diketahui bahwa cara kerja di gojek itu tidak sama seperti tempat kerja pada umumnya.

Disini driver gojek tidak mendapatkan tempat tetap dalam menjalankan kewajibannya seperti ruangan kantor dan sejenisnya. Tempat kerja driver adalah di jalan dengan menggunakan kendaraan bermotor baik mobil roda empat maupun motor roda 2.

Fasilitas kendaraan pribadi yang digunakan semuanya ditanggung oleh driver itu sendiri, Disini dari pihak aplikator hanya menyiapkan aplikasi saja.

 

Saat ini, jika kita lihat banyak sekali orang yang berprofesi sebagai pengemudi gojek, baik itu menjadi driver go-ride ( ojek online ) dan Gocar ( taksi online ). Penasaran bagaimana sistem dan cara kerja nya ?. simak terus disini.

Penghasilan Dan Sistem Gaji Gojek

Sebelum kita membahas sistem kerja gojek, ada baiknya kita mengetahui bagaimana sistem gaji atau penghasilan gojek perhari. Nah hal yang penting yang harus diketahui adalah bahwa, mitra pengemudi Gojek itu tidak diberikan gaji bulanan layaknya pekerja kantoran dan swasta. Disini driver statusnya bukan karywan melainkan hanya sebatas mitra kerja saja.

Jadi yang perlu di garis bawahi adalah bahwa sistem gaji atau penghasilan seorangan driver gojek itu murni didapatkan dari bayaran penumpang yang menyewa jasanya, atau istilah kasarnya adalah biaya ongkos/argo. Namun tidak hanya itu, driver juga bisa memperolah pendapatan tambahan yaitu dari bonus insentif gojek yang nominalnya cukup lumayan.

Baca: Tutorial Cara Daftar Gocar Online Tanpa Harus Datang Ke Kantor

Berapa bonus gojek yang didapat ?. Skema bonus gojek disetiap kota berbeda-beda, tetapi untuk driver gojek wilayah jabodetabek maksimal bonus yang bisa di raih sebesar 200.000 rupiah. Untuk mendapatkan bonus, driver harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti mengumpulkan poin sesuai target yang telah ditentukan. Dan juga performa akun dan rating bintang juga harus sesuai standar yang berlaku.

Cara Kerja Driver Gojek

sistem kerja gojek

Nah sekarang kita kembali ke awal lagi untuk sistem kerja gojek. Menjadi driver gojek sebenarnya sama saja dengan ojek pangkalan dan taksi konvensional. Yang membedakaan disini secara garis besar adalah penggunaan aplikasi yang bersifat online ( ride hailing ).

Driver gojek akan bekerja ketika ada orderan yang masuk ke aplikasi gojek driver, Contoh misalnya seperti orderan jasa ojek & taksi online, kirim barang, dan pesan makanan.

Jika tidak ada pesanan apa yang harus dikerjakan ?. Tidak ada, Cara kerja gojek hanya menyelesaikan orderan yang diterima.

Bagaimana untuk jam operasional driver gojek ?. Jam kerjanya flexible, seperti yang telah disebutkan tadi, driver hanya berstatus mitra yang tidak ada ikatan kontrak apapun. Jadi driver bebas memilih kapan waktu kerja yang di inginkan dan kapan waktu mau libur, karena yang mengatur driver itu sendiri.

Dengan melihat sistem kerja gojek ini tentu anda bisa menyimpulkan, pekerjaan ini sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai sampingan selain dari pekerjaan utama untuk mencari penghasilan tambahan. Tidak sedikit dari kebanyakan orang yang rela meninggalkan pekerjaan utama demi untuk bekerja fulltime sebagai driver gojek

Baca: Persyaratan Mendafatar Menjadi Driver Gojek Terbaru

Namun bagi yang saat ini sudah memiliki pekerjaan tetap, harap dipertimbangkan lagi jika ingin resign dan fulltime di gojek.Karena ketika nanti  sudah bergabung menjadi mitra gojek, mungkin akan mendapati kendala, seperti misalnya sulit mendapatkan orderan.

Sehingga jika sudah demikian maka tidak akan ada penghasilan/ gaji yang bisa dibawa pulang.  Jika tidak ada pesanan/orderan maka tidak ada kerjaan = tidak ada penghasilan.